Pages

7 PENEMU YANG TEWAS KARENA PENEMUANNYA

7 Penemu yang Tewas karena Penemuannya
---------------------------------------------
Menjadi seorang penemu atau inventor memang keren. Namun risiko yang besar juga mengintai para inventor ini. Hasil temuan mereka bisa menjadi senjata makan tuan, bahkan membunuh diri mereka sendiri.

Para penemu bisa terbunuh karena melakukan uji dan menyempurnakan hasil temuannya.Kita junjung tinggi hasil temuan dan dedikasi mereka pada dunia karena dengan temuannya sebagian dari kita bisa merasakan manfaat pada era sekarang ini,


Berikut 7 penemu yang terbunuh oleh temuannya menurut Mother Nature Network (MNN),

1. Henry Smolinski


Henry Smolinski adalah seorang insinyur yang keluar dari pekerjaannya dan mendirikan perusahaan Advanced Vehicle Engineer yang memfokuskan membuat mobil yang bisa terbang. Pada tahun 1973, perusahaan itu membangun prototipe pertama mobil terbang itu, menggabungkan antara pesawat Cessna Skymaster dengan mobil Ford Pinto. Bagian ekor pesawat didesain untuk bisa dibongkar-pasang, ditempel dan dilepas dari mobil.

Henry kemudian merencanakan produksi massal tahun 1974. Namun pada 11 September 1973, Henry menguji mobil terbang buatannya itu bersama pilot penguji Harold Blake. Saat uji itu, mobil berhasil terbang namun sayap pesawat tiba-tiba terlepas dari mobil itu sehingga membuat mobil itu jatuh. Henry dan Harold kemudian tewas.
KNKT AS menyatakan bahwa sayap yang dilas dengan kualitas buruk di badan mobil itu penyebab utama kecelakaan tersebut.

2. Franz Reichelt


Franz Reichelt, seorang penemu Austria kelahiran Prancis ini sebelumnya berprofesi sebagai penjahit, namun saat luangnya dia habiskan untuk mendesain parasut terbang untuk pilot pesawat. Pesawat di masa Franz mendesain parasut adalah barang yang relatif baru, demikian pula mekanisme bagaimana pilot bisa lolos dari pesawat yang rusak, masih dikembangkan.
Nah, Franz kemudian menguji parasut buatannya itu dengan melompat dari Menara Eiffel pada ketinggian yang relatif rendah, 187 kaki atau sekitar 57 meter. Hasilnya, Franz jatuh berdebum ke tanah, tewas seketika.


3. Horace Lawson Hunley



Horace L Hunley yang merupakan pengacara dan anggota Dewan di negara bagian Louisiana mempunyai ide untuk membuat kapal selam. Horace membantu mendesain dan membangun 3 model kapal selam yang berbeda selama Perang Sipil AS, antara pemerintah AS versus Konfederasi AS dari 11 negara bagian di selatan AS.
Kapal selama pertamanya dibangun di New Orleans dan tenggelam, demikian pula kapal selam keduanya tenggelam di Mobile Bay, Alabama. Horace kemudian membiayai sendiri kapal selam ketiganya dan pada 15 Oktober 1863, Horace bersama 7 orang kru untuk misi menenggelamkan kapal dari pihak pemerintah AS.
Misi menenggelamkan kapal sukses, namun kapal selam itu lantas tenggelam di perairan Charleston, South Carolina. Horace dan kru kapal selamnya dipastikan meninggal.


4. Thomas Midgley Jr


Thomas Midgley Jr adalah seorang kimiawan yang menemukan bensin bertimbal dan gas rumah kaca Freon. Dia keracunan timbal saat sengaja menumpahkan temuannya kemudian mengendusnya saat jumpa pers hanya untuk membuktikan pada media bahwa bensin itu aman.
Tapi bukan itu yang membunuh Thomas. Thomas yang menderita polio membuat semacam alat, seperti tali dan katrol untuk menunjang tubuhnya yang terkena polio. Thomas kemudian terjerat tali pada alat buatannya itu pada 2 November 1944 sehingga mati lemas.


5. Marie Curie


Marie Curie adalah seorang fisikawati dan kimiawati yang menemukan radioaktif, termasuk unsur polonium dan radium.
Marie yang mendapatkan Nobel atas penemuannya ini, memang mengembangkan terus teori radioaktif, namun sayang, dia juga menemukan efek samping mematikan dari radioaktif itu. Marie meninggal dunia pada 4 Juli 1934 karena menderita anemia aplastik, suatu kondisi di mana sumsum tulang belakang tidak bisa meproduksi sel-sel darah baru. Kondisi yang dialami Marie ini akibat terlalu sering terpapar oleh zat radioaktif.

6. Perillos


Perillos dari Athena, Yunani merupakan orang yang sangat pantas dimasukkan dalam kategori ini. Perillos merupakan pande besi di zaman Romawi Kuno. Dia mendesain alat eksekusi mati, yang disebut 'Brazen Bull'.

Brazen Bull ini dibuat dari logam perunggu, berbentuk patung banteng. Di salah satu perut atau punggung Brazen Bull ini ada pintu untuk memasukkan tahanan. Di dalamnya, ada tempat untuk mengunci tahanan atau napi eksekusi mati. Mekanismenya, tahanan itu dimasukkan dalam Brazen Bull, dikunci. Kemudian di bawah perut sapi itu ada api yang membara. Tahanan itu kemudian mati terpanggang hidup-hidup.
Brazen Bull juga dirancang agar lolongan kesakitan saat tahanan di dalam kepanasan dan sekarat terdengar seperti suara banteng mengerang. Perillos merancang temuan ini untuk Phalaris, seorang tuan tanah yang tiran dan kejam.
Setelah Perillos menunjukkan alat temuannya ini pada Phalaris, dia kemudian dimasukkan ke dalamnya. Tidak jelas apakah Perillos dikeluarkan saat sekarat atau terpanggang dalam 'banteng' itu


7. Valerian Abakovsky


Valerian Abakovsky adalah penemu Rusia, dia menemukan kereta mesin berkecepatan tinggi, Aerowagon. Aerowagon ini bermesin pesawat dan berbaling-baling.
Saat melakukan uji coba, mesin itu kemudian tergelincir dan menewaskan Valerian serta 5 orang lainnya. Valerian tewas dalam usia 26 tahun.

Begitulah 7 orang penemu yang berakhir di ujung maut dgn hasil temuannya, semoga menjadikan kita terus bersemangat dalam menemukan hasil ciptaan dan inovasi, tanpa merasa takut dgn hasil kreasinya karena hanya Tuhan Yang Kuasa yang memberikan keputusan Akhir dari semuanya.


0 comments:

Post a Comment